Telah nampak kerusakan di darat dan di laut

Firman Allah SWT dalam surah Ar-Ruum ayat 41 :

Artinya :”Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar).”






Banjir dan luapan sungai terus berdatangan , Longsor dan Puting Beliung juga ikut Mengancam. Tidak sedikit kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam, tidak sedikit nyawa nyawa baik yang berdosa maupun tidak berdosa terus bergelimpangan. Gagal Panen pun tak luput menimpa para petani , sementara kemiskinan dan pengangguran semakin menjadi - jadi, Rumah Rusak tidak terhitung banyaknya, ladang dan areal persawahan pun hilang tak tersisa.

"Bagaimana pendapatmu jika Al Quran itu datang dari sisi Allah, kemudian kamu mengingkarinya. Siapakah yang lebih sesat daripada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh?"

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kekuasaan Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

Ingatlah bahwa sesungguhnya mereka adalah dalam keraguan tentang pertemuan dengan Tuhan mereka. Ingatlah bahwa sesungguhnya Dia Maha Meliputi segala sesuatu." Fushshilat : 52 - 54

Bencana adalah sesuatu yang tak terpisahkan dalam sejarah manusia. Manusia bergumul dan terus bergumul agar bebas dari bencana, Bencana sering diidentikan dengan sesuatu yang buruk oleh kebanyakan orang, akan tetapi jika kita mau sadar dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Allaah Subhanahu Wata'ala melalui para utusan-Nya, maka bencana tersebut Gempa , Banjir , Angin , Tsunami dan atau bencana kekeringan , penyakit yang disebabkan oleh binatang kesemuanya itu boleh jadi baik, adalah karena kelalaian manusia itu sendiri akan aturan - aturan dan jalan yang telah ditetapkan.

Lihatlah Semua peringatan - peringatan ini , lihatlah semua tanda - tanda kekuasaan Allaah ini , lihatlah semua ancaman - ancaman dan Janji - janji Allaah yang telah terjadi. Saatnya kita mawas diri dengan diri kita sendiri, keluarga, lingkungan di sekitar kita, perkara - perkara tadi sudah jelas didepan mata kita, selayaknya kita sebagai muslim saling mengingatkan dan memperbaiki.

Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab,

mereka itu dila'nati Allah dan dila'nati pula oleh semua mahluk yang dapat mela'nati

kecuali

mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan kebenaran, maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah Yang Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang.

Al Baqarah : 159 - 160

No comments:

Post a Comment