Agama Tauhid

"Sesungguhnya (agama Tauhid) ini adalah agama kamu semua; agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku" Surah Al Anbiya ayat 92 dan surah Al Mukminuun ayat 52
Seperti diketahui, Tauhid (monoteisme Islam) adalah dasar Islam, yang dinyatakan oleh deklarasi fundamental iman: "Tidak ada dewa, tapi Tuhan". Ini berarti bahwa ada dan hanya ada satu Allah yang benar, yang sendiri layak untuk disembah.

Menurut pandangan Islam, dan seperti terbukti dari studi yang cermat tentang sejarah agama-agama, konsep monoteisme Islam dahulu ada. Bahkan hampir tidak ada agama utama dunia yang tidak mengaku sebagai monoteis pada saat ini. Dalam fakta ini mendukung klaim Islam bahwa nabi diutus oleh Allah selama seluruh era mengajarkan monoteisme manusia, dan karenanya Islam bukanlah sebuah agama baru yang didirikan oleh Rosulullah Muhammad SAW.

Semua agama besar dunia awalnya monoteistis dan penyimpangan mereka dari Tauhid nyata terjadi secara bertahap dan halus selama berabad-abad, meskipun mereka semua selalu mengaku berada di jalan yang benar. Hal ini menyebabkan mereka untuk mengadopsi doktrin-doktrin aneh seperti panteisme, trinitas, penyembahan berhala, penyembahan suci, syafaat dan lain-lain, semua ini terwujud sebagai penyembahan ciptaan bukan pencipta. Dalam Islam juga sekte sesat berbagai memisahkan diri dari tubuh utama Islam menyimpang dari sudut Tauhid.

Mungkin kontribusi terbesar Islam di ranah ideologis konsep monoteisme. Meskipun bisa dikatakan saat ini bahwa semua agama menerima Tuhan Yang Esa yang sama, ia dikaburkan oleh dewa yang tak terhitung jumlahnya, dewi, berhala, avatar, laki-laki dewa, dewa, malaikat, peri, setan, roh dan Trinitas dalam agama-agama lain. Hal ini melahirkan mitos-mitos, yang lazim bahkan hari ini dan yang mungkin diperkuat oleh pengaruh ateisme, bahwa agama masing-masing memiliki dewa sendiri atau dewa-dewa dan agama adalah doktrin maka saling eksklusif berkembang oleh keadaan dan takhayul.

Monoteisme Islam telah melayani untuk menghancurkan mitos-mitos. Lebih dari sekedar bahwa Allah adalah Satu, itu telah membantu mempopulerkan konsep bahwa Allah adalah Tuhan yang sama yang menerima semua syariat agama dan bahwa ia bukan milik ras atau kelompok. Dengan demikian Islam telah membantu dunia untuk menemukan kembali Allah yang benar.

"Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat saja, tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan"  Al Maa'idah : 48

Namun harus dipahami dengan jelas bahwa monoteisme dalam Islam tidak berarti bahwa pandangan Islam tentang supranatural identik dengan ateis kecuali keyakinan pada satu Tuhan, dan bahwa orang tidak boleh percaya pada setiap hal yang tak terlihat atau proses secara langsung mempengaruhi selain Tuhan manusia. Islam sebenarnya tidak mengakui keberadaan kekuatan misterius di alam semesta selain Allah disebut jin, yang dapat mempengaruhi manusia.

Islam menerima bahwa ada kebenaran dalam hal-hal seperti tukang sihir mantra menggunakan jin, jin yang mendiami tubuh manusia untuk menunjukkan kepribadian ganda, rumah berhantu dan eksorsisme. (Bahkan dua bab terakhir dari Quran adalah untuk eksorsisme). Ia menerima bahwa (orang suci, para wali , hamba allah) adalah orang yang mungkin bisa menunjukkan perbuatan supranatural (Karamat) serupa dengan Mu'jizat dari para nabi. Juga beberapa kebenaran yang berasal meramal, sihir dan astrologi. Namun secara garis besar adalah bahwa semua fenomena ini disebabkan oleh kehendak-Nya, terletak dalam pengetahuan mutlak dan kontrol, dan manusia harus mencari perlindungan dan bantuan hanya dari Allah, bukan melalui orang tersebut.

Tidak sedikit kita lihat fenomena saat ini bahwa kebanyakan manusia lebih mencintai / menyukai / mengagumi dan atau menghormati serta mengkultuskan orang lain (wali , atau orang suci) dan mengkeramatkan mereka. padahal sejatinya hal ini telah dilarang oleh Allaah Subhanahu wata'ala sebagaimana firman-Nya dalam surah Al Baqarah : 165 - 167 :

"Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa pada hari kiamat, bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya niscaya mereka menyesal, Yaitu ketika orang-orang yang diikuti itu berlepas diri dari orang-orang yang mengikutinya, dan mereka melihat siksa; dan ketika segala hubungan antara mereka terputus sama sekali Dan berkatalah orang-orang yang mengikuti: "Seandainya kami dapat kembali ke dunia, pasti kami akan berlepas diri dari mereka, sebagaimana mereka berlepas diri dari kami." Demikianlah Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya menjadi sesalan bagi mereka; dan sekali-kali mereka tidak akan keluar dari api neraka.
"
Dalam surah diatas dijelaskan dengan tidak tanggung - tanggung bahwa mereka yang mencintai selain allah dan atau menyembahnya , maka balasannya adalah api neraka. hal ini juga berarti bahwa segala bentuk ibadah harus ditujukan hanya kepada Allah Subhanahu Wata'ala tanpa embel-embel apapun.
Wallahu A'lam

3 comments:

  1. Perkenalkan nama saya SUPRIYANTO. Saya sedang mengadakan kegiatan sosial bersama teman-teman dengan merencanakan pembangunan PERPUSTAKAAN UMUM GRATIS di Desa Sekapuk KEC.UJUNGPANGKAH KAB.GRESIK JAWA TIMUR. Target pengunjung perpustakaan ini untuk sarana sumber ilmu bagi Masyarakat,dan anak-anak sekolah baik usia dini,TK,SD,SMP,SMA,MAHASISWA. Kami juga telah mempersiapkan tempat,yaitu rumah kami sendiri.Saya bersedia dan tulus ikhlas untuk tempat perpustakaan ini. Saat ini kami sedang dalam tahap persiapan awal yang kira-kira membutuhkan dana tambahan sekitar 10-50juta rupiah.Guna pembelian buku-buku bacaan dan sarana-prasarananya. Kita juga menerima donatur berupa buku bacaan bekas yang masih layak dipakai.

    Melalui forum ini, kami hendak mengetuk kesediaan hati Bapak/Ibu sekalian bila ada yang berkenan menjadi donatur atau membagikan informasi dimana kami bisa mengajukan permohonan donasi.

    Terima kasih atas perhatian dan kesediannya. Informasi lebih lanjut dapat mengontak saya di 085 850 732 485,atau satmakabangsa@gmail.com

    ReplyDelete
  2. KAMI MENCARI SEORANG ATAU PENGUSAHA YANG SUKA KEGIATAN SOSIAL, BAIK KEGIATAN SOSIAL SECARA NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL. PERKENALKAN NAMA SAYA SUPRIYANTO ACH, TEMPAT TINGGAL SAYA DI DESA SEKAPUK RT.02 RW.04 NO.28 , KECAMATAN UJUNGPANGKAH, KABUPATEN GRESIK, PROPINSI JAWA TIMUR, 61154 JAWA TIMUR-INDONESIA TELPON 623183815591 ATAU 6285 850 732 485,atau satmakabangsa@gmail.com. KERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR) SAYA SENANG DAN SUKA KEGIATAN SOSIAL, BAIK KEGIATAN SOSIAL TENTANG PENDIDIKAN, KESEJAHTERAAN, KESEHATAN, DAN KEGIATAN YANG BERKAITAN DENGAN KEGIATAN SOSIAL YANG LAINNYA, SEPERTI MEMBANTU BENCANA ALAM. SAYA SUKA DAN SENANG DALAM KEGIATAN SOSIAL ITU. SEANDAINYA ADA SEORANG ATAU PERUSAHAAN YANG MEMPERCAYAI SAYA DALAM PENDIRIAN SEBUAH YAYASAN SOSIAL DI INDONESIA, SAYA SANGGUP DAN SIAP PENUH TANGGUNGJAWAB UNTUK MENJALANKAN TUGAS YANG DI BERIKAN OLEH YAYASAN TERSEBUT. SAYA MENUNGGU PARA DERMAWAN UNTUK BERSEDIA MENDIRIKAN SEBUAH YAYASAN SOSIAL INI. ADA DIDAERAH SAYA. SAYA TUNGGU PENUH HARAPAN DAN TERIMA KASIH JIKA ADA YANG MEMBANTU SAYA. SAYA TUNGGU DAN HUBUNGI SAYA JIKA ADA YANG INGIN BERKERJASAMA MENDIRIKAN YAYASAN SOSIAL INI. ATAU YANG INGIN WAKAF ATAU HIBAH DANA UNTUK BIAYA PENDIRIAN SEBUAH LEMBAGA ATAU YAYASAN SOSIAL DI INDONESIA . SAYA TERUS TERANG TIDAK ADA DANA UNTUK BIAYA PENDIRIAN YAYASAN SOSIAL INI, NAMUN PUNYA PEMIKIRAN DAN HARAPAN DAPAT MENDIRIKAN YAYSAN SOSIAL SECARA BERSAMA-SAMA DAN SUKA RELA. SAYA TUNGGU DAN HUBUNGI .

    ReplyDelete
  3. KAMI MENCARI SEORANG ATAU PENGUSAHA YANG SUKA KEGIATAN SOSIAL, BAIK KEGIATAN SOSIAL SECARA NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL. PERKENALKAN NAMA SAYA SUPRIYANTO ACH, TEMPAT TINGGAL SAYA DI DESA SEKAPUK RT.02 RW.04 NO.28 , KECAMATAN UJUNGPANGKAH, KABUPATEN GRESIK, PROPINSI JAWA TIMUR, 61154 JAWA TIMUR-INDONESIA TELPON 623183815591 ATAU 6285 850 732 485,atau satmakabangsa@gmail.com. KERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (BMT MANDIRI SEJAHTERA JAWA TIMUR) SAYA SENANG DAN SUKA KEGIATAN SOSIAL, BAIK KEGIATAN SOSIAL TENTANG PENDIDIKAN, KESEJAHTERAAN, KESEHATAN, DAN KEGIATAN YANG BERKAITAN DENGAN KEGIATAN SOSIAL YANG LAINNYA, SEPERTI MEMBANTU BENCANA ALAM. SAYA SUKA DAN SENANG DALAM KEGIATAN SOSIAL ITU. SEANDAINYA ADA SEORANG ATAU PERUSAHAAN YANG MEMPERCAYAI SAYA DALAM PENDIRIAN SEBUAH YAYASAN SOSIAL DI INDONESIA, SAYA SANGGUP DAN SIAP PENUH TANGGUNGJAWAB UNTUK MENJALANKAN TUGAS YANG DI BERIKAN OLEH YAYASAN TERSEBUT. SAYA MENUNGGU PARA DERMAWAN UNTUK BERSEDIA MENDIRIKAN SEBUAH YAYASAN SOSIAL INI. ADA DIDAERAH SAYA. SAYA TUNGGU PENUH HARAPAN DAN TERIMA KASIH JIKA ADA YANG MEMBANTU SAYA. SAYA TUNGGU DAN HUBUNGI SAYA JIKA ADA YANG INGIN BERKERJASAMA MENDIRIKAN YAYASAN SOSIAL INI. ATAU YANG INGIN WAKAF ATAU HIBAH DANA UNTUK BIAYA PENDIRIAN SEBUAH LEMBAGA ATAU YAYASAN SOSIAL DI INDONESIA . SAYA TERUS TERANG TIDAK ADA DANA UNTUK BIAYA PENDIRIAN YAYASAN SOSIAL INI, NAMUN PUNYA PEMIKIRAN DAN HARAPAN DAPAT MENDIRIKAN YAYSAN SOSIAL SECARA BERSAMA-SAMA DAN SUKA RELA. SAYA TUNGGU DAN HUBUNGI .

    ReplyDelete