Banjir Adalah Bukti bahwa Allaah Maha Adil

Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan, kisah banjir besar banyak tertulis didalam kitab suci maupun kitab catatan lainnya yang dikirimkan oleh Sang Pencipta untuk menghancurkan suatu peradaban sebagai pembalasan agung dan sering muncul dalam mitologi berbagai kebudayaan di dunia tak terkecuali di Indonesia. Seringkali banjir terjadi ketika musim penghujan tiba dan aliran air melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai dan seringkali mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami.

Banjir Bandang adalah banjir di daerah di permukaan rendah yang terjadi akibat hujan yang turun terus-menerus dan muncul secara tiba-tiba. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang besar karena itu kelestarian alam harus dijaga untuk mencegah banjir bandang.

Terdapat 5 Jenis dan penyebab utama Banjir yakni Sungai,  Muara dan atau  Pantai, Malapetaka musim penghujan dan kesalahan manusia karena merusak lingkungan. Di berbagai negara di seluruh dunia, sampai saat ini tidak ada sistem pertahanan apapun yang bisa mencegah bencana alam termasuk banjir, karena datangnya yang begitu tiba - tiba dan tidak bisa diperkirakan atau diramalkan sebelumnya.

Namun Demikian ,........

Dibalik semua kerugian dan malapetaka banjir ada berbagai dampak negatif yang bisa didapatkan dari adanya banjir terhadap permukiman manusia dan aktivitas ekonomi. khususnya banjir rutin/kecil dapat membawa banyak keuntungan, seperti mengisi kembali air tanah, menyuburkan serta memberikan nutrisi kepada tanah. menyediakan air yang cukup di kawasan kering dan semi-kering yang curah hujannya tidak menentu sepanjang tahun.

Air banjir tawar memainkan peran penting dalam menyeimbangkan ekosistem di koridor sungai dan merupakan faktor utama dalam penyeimbangan keragaman makhluk hidup di dataran banjir. Banjir menambahkan banyak sekali nutrisi untuk danau dan sungai yang semakin memajukan industri perikanan pada tahun-tahun mendatang, selain itu juga karena kecocokan dataran banjir untuk pengembangbiakan ikan, dimana ikan akan memanfaatkan banjir untuk berenang mencari habitat baru. Selain itu, burung juga mendapatkan manfaat dari produksi pangan yang meledak setelah banjir surut.


Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment