Tiga Puluh Enam Strategi Perang

Tiga Puluh Enam Strategi ( 三十六计) adalah sebuah koleksi sajak Tiongkok yang mengulas taktik-taktik kemiliteran. Buku Tiga Puluh Enam Strategi memuat Tiga Puluh Enam skenario perang dalam sejarah Tiongkok, utamanya diambil dari kisah fabel sejarah Tiongkok pada Zaman Negara-negara Berperang dan Zaman Tiga Negara.

Juga dikenal sebagai "Tiga Puluh Enam Taktik". Lebih banyak disampaikan melalui cerita mulut ke mulut daripada sebuah dokumen tertulis, dan telah banyak penulis di Tiongkok yang berusaha untuk mengompilasi "Tiga Puluh Enam Strategi" dari berbagai cerita turun-temurun tersebut.
Adapun ke-Tiga Puluh Enam Siasat Perang Sun Zi tersebut adalah :
  1. Gunakan penyamaran. Lemahkah kedudukan musuh dengan merahasiakan tipu muslihat Anda.
  2. Biarkanlah musuh Anda berbuat kesalahan dan menjadi terpecah belah, lalu seranglah dengan agresif sewaktu mereka mundur.
  3. Perintahkan orang lain mengerjakan pekerjaan yang “kotor” untuk Anda. 
  4. Percayakan pada orang lain tugas menabur kecurigaan dan perselisihan dan perkemahan musuh. 
  5. Ketahuilah rencana musuh dan gunakan untuk keuntungan Anda.
  6. Pancinglah musuh Anda agar menghabiskan sumber daya mereka. 
  7. Provokasi mereka tetapi jangan menyerang sampai Anda benar-benar dalam posisi yang menguntungkan.Tunggulah sampai musuh tanpa pertahanan, lalu serang.
  8. Kacaukan musuh dengan menjalankan berbagai tipu muslihat, kemudian serang.
  9. Buat garis depan palsu. Sesatkan atau gertaklah musuh. Serang sewaktu mereka kebingungan.
  10. Perlihatkan satu strategi saja pada musuh pada suatu waktu, tetapi milikilah rencana rahasia yang menguntungkan Anda dan menyesatkan mereka sewaktu tidak siaga.
  11. Bila terjadi perselisihan dalam barisan musuh, bersabarlah. Berilah mereka waktu untuk menjadi makin lemah, lalu seranglah.
  12. Buatlah lawan menganggap Anda kawan, lalu pukulah sewaktu mereka lengah.
  13. Biarkan musuh menang di tempat mereka lebih kuat, tetapi gunakanlah pasukan Anda yang terkuat untuk mengalahkan mereka tepat pada titik lemahnya.
  14. Amatilah musuh lekat-lekat untuk melihat secara jelas kelemahan mereka, lalu manfaatkan kelemahan itu sepenuhnya.
  15. Ketahuilah segala sesuatu yang bisa Anda ketahui tentang musuh sebelum bertindak. Kemudian bertindaklah dengan cepat dan pasti.
  16. Taklukan atau gunakanlah musuh yang lemah untuk mencapai tujuan Anda.
  17. Pakailah berbagai tipu daya untuk membuat musuh masuk ke daerah Anda atas kehendak Anda.
  18. Kacaukan musuh dengan kombinasi gerakan menyerang dan mundur secara berulang-ulang. Taktik ini akan menggerogoti kekuatan dan menurunkan semangat mereka. Ketika mereka telah lemah, seranglah dengan sepenuh hati.
  19. Buailah musuh Anda agar mengira keadaan mereka baik, lalu lancarkan serangan mendadak.
  20. Hancurkan atau hilangkan kepercayaan terhadap pemimpin musuh Anda, maka para pengikutnya akan menghentikan pertempuran.
  21. Temukanlah titik terlemah musuh dan terus seranglah titik itu sampai kekuatan musuh terkuras.
  22. Manfaatkan perselisihan dalam tubuh musuh agar mereka semakin lemah dan kacau, lalu seranglah dengan cepat dan tepat.
  23. Jagalah agar tidak membuat musuh Anda curiga dengan mengadakan gerakan mundur secara rahasia.
  24. Taklukkan lebih dulu tetangga Anda, lalu sasar musuh yang jauh.
  25. Jadikan diri Anda pelindung negara-negara kecil agar mereka setia dan bersedia bekerja sama.
  26. Bergerilyalah untuk merusak kekuatan musuh, lalu serang.
  27. Ancam negara-negara kecil bahwa mereka akan dihancurkan jika tidak mau bergabung dengan Anda untuk menundukkan negara-negara besar.
  28. Kelabuhi musuh Anda sehingga mereka mengira Anda lemah dan tolol. Bilamana kewaspadaan mereka turun, hancurkan mereka.
  29. Pancing musuh agar masuk ke dalam perangkap dengan berpura-pura lemah, lalu kepung dan hancurkan mereka.
  30. Buatlah musuh mengira Anda lebih kuat daripada sebenarnya, lalu cepat-cepat gunakan kesempatan sebelum mereka mengetahui kondisi yang sebenarnya.
  31. Perlakukan musuh Anda sebagai tamu, lalu manfaatkan kelemahan mereka dan hancurkan mereka.
  32. Sediakan wanita-wanita cantik untuk pemimpin musuh Anda. Wanita-wanita itu akan membuat mereka asyik masyuk. Buatlah semangat pasukan mereka turun karena iri sehingga mudah Anda serang.
  33. Berlakulah seperti burung terluka. Bilamana musuh santai, seranglah.
  34. Mata-matai musuh dan beri umpan mata-mata mereka dengan informasi palsu.
  35. Carilah akal untuk melukai diri sendiri atau suruhlah orang lain melukai Anda untuk mendapatkan kepercayaan musuh. Manfaatkan kepercayaan itu dan hancurkan mereka.
  36. Ciptakan komplotan agar musuh saling menghancurkan. Jangan menantang musuh yang jauh lebih kuat dari Anda. Selamatkan diri Anda dan tetaplah hidup untuk berjuang kembali.
Secara umum, orang-orang Tiongkok mengatakan bahwa, "Hanya ada Tiga Puluh Enam Strategi di bawah langit", menandakan bahwa semua strategi perang modern ataupun klasik merupakan variasi dari Tiga Puluh Enam Strategi dasar tersebut.

Fakta bahwa "Tiga Puluh Enam Strategi" yang telah diterjemahkan pada Pendidikan Militer Barat, menunjukkan adanya kesamaan dengan strategi-strategi yang biasa digunakan dalam perang-perang sebelumnya di Barat.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama sejak ditemukan di Tiongkok Daratan, dokumen tersebut menjadi sedemikian populer di dalam dan dan di luar Tiongkok. Kerap dihubungkan dengan Seni Perang Sun Tzu, namun ia lebih merupakan sebuah buku tentang taktik daripada sebuah buku strategi.

"Tiga Puluh Enam Strategi" diidentikkan dengan Sun Tzu, tetapi hal ini mungkin tidak terlalu benar. Sun Tzu hidup dalam periode Musim Semi dan Gugur di Tiongkok, sementara hampir seluruh Tiga Puluh Enam sajak tersebut berada pada periode setelahnya.

No comments:

Post a Comment