Perang Merupakan Sifat Dasar Manusia

Perang adalah sebuah aksi fisik dan non fisik (kondisi permusuhan dengan menggunakan kekerasan) antara dua atau lebih kelompok manusia untuk melakukan dominasi di wilayah yang dipertentangkan. Perang secara purba di maknai sebagai pertikaian bersenjata. Sedangkan di era modern, perang lebih mengarah pada superioritas teknologi dan industri.

Perang merupakan turunan sifat dasar manusia yang tetap sampai sekarang memelihara dominasi dan persaingan sebagai sarana memperkuat eksistensi diri dengan cara menundukkan kehendak pihak yang dimusuhi, secara psikologis dan fisik. Dengan melibatkan diri sendiri dan orang lain, baik secara kelompok atau bukan. Perang dapat mengakibatkan kesedihan dan kemiskinan yang berkepanjangan.

Ada beragam sebab musabab terjadinya perang di antaranya adalah Perbedaan ideologi, Keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan, Perbedaan kepentingan, Perampasan sumber daya alam (minyak, hasil pertanian, dll).

Perang di era modern ini terwujud sebagai bentuk kontrol dari negara-negara koalisi global yang dimotori oleh negara besar terhadap negara - negara kecil, yang sedang berkembang atau negara miskin. Hal-hal yang terkait dengan perang modern ini adalah adanya penguasaan sektor ekonomi dan atau kekuasaan tertentu, dimana segalanya diatur dengan sangat rapi dan terkesan seperti alami dan begitu saja.

Perang di Era modern sejatinya telah terwujud sejak lama dan kita sedang berada didalamnya. dan jika tidak segera dihentikan atau dicegah bukan tidak mungkin perang secara fisik akan segera terjadi.

Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment