Strategi Perang

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.  Didalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.

Perang adalah sebuah aksi fisik dan non fisik antara dua atau lebih kelompok manusia untuk melakukan dominasi di wilayah atau sesuatu yang dipertentangkan.



Dari kedua pengertian diatas maka dapat kita ambil suatu kesimpulan bahwa Strategi perang adalah pendekatan - pendekatan yang saling berkaitan yang berupa gagasan , rencana dan tindak lanjut dari sebuah aktivitas untuk melakukan aksi fisik dan non fisik terhadap seseorang atau kelompok manusia untuk melakukan dominasi wilayah atau sesuatu yang menjadi pertentangan. (oponion)

Sementara menurut para ahli

Strategi perang adalah penggunaan pertempuran untuk mencapai tujuan perang. Strategi adalah kunci pelaksanaan perang dan dikuasai oleh prinsip-prinsip dasar yang berupa rancangan ide dan gagasan untuk menjalankan dan atau memenangkan peperangan.

Terdapat banyak buku tentang apa dan bagaimana strategi perang, dari zaman dahulu sampai sekarang , diantaranya yang paling terkenal adalah Strategi perang Sun Tse , terdapat 36 sajak atau syair yang berisi tentang bagaimana menjalankan perang.

China memang dikenal memiliki karya sastra yang banyak dan sangat bernilai tidak heran jika kemudian ada hadist dari Rosulullah SAW yang berbunyi : "Belajarlah Sampai Ke Negeri China" , TAO , Strategi Perang , Pengobatan , dan lain - lain.

Bukan berarti meninggalkan ajaran Alquran dan sunnah, karena sebenarnya islam juga mempunyai banyak karya sastra yang juga sangat bernilai namun saat ini kitab-kitab kuno umat islam sudah tidak tersisa lagi setelah hancurnya islam di Andalusia.

Alquran tidak hanya berbicara tentang beribadah kepada Allah Subhanahu Wata'ala namun juga berbicara untuk kepentingan umat.

No comments:

Post a Comment