Organisasi Revolusi Iran

Banyak organisasi, partai dan gerakan-gerakan gerilya yang terlibat dalam revolusi di Iran 1978-9. Beberapa bagian dari jaringan Ayatollah Khomeini dan mendukung teokrasi Republik Islam, yang lain tidak mendukung teokrasi dan ditindas. Beberapa diciptakan setelah kejatuhan Dinasti Pahlevi dan masih bertahan. Lainnya membantu menggulingkan dinasti, tetapi sudah tidak ada pengaruhnya lagi.

Prarevolusioner kelompok oposisi

Sebelum Revolusi Iran, kelompok oposisi cenderung jatuh ke dalam tiga kategori utama: konstitusionalis, Marxis, dan Islamis.

Konstitusi, termasuk Front Nasional (Iran), ingin menghidupkan kembali monarki konstitusional termasuk pemilu bebas. Tanpa pemilihan umum atau outlet untuk kegiatan politik damai meskipun, mereka telah kehilangan relevansi dan memiliki sedikit berikut.

Marxis kelompok terutama kelompok gerilya bekerja untuk mengalahkan rezim Pahlevi oleh pembunuhan dan perjuangan bersenjata. Mereka ilegal dan sangat ditekan oleh aparat keamanan internal SAVAK. Mereka termasuk Partai Tudeh Iran, Organisasi Gerilyawan Rakyat Iran Fedai (OIPFG) dan Rakyat Iran memisahkan diri itu Fedai Gerilyawan (IPFG), dua organisasi bersenjata;. Dan beberapa kelompok kecil Meskipun mereka memainkan bagian penting dalam revolusi , mereka tidak pernah mengembangkan basis dukungan yang besar.

Islam dibagi menjadi beberapa kelompok. Gerakan Kebebasan Iran dibentuk oleh anggota agama dari Front Nasional Iran. Ini juga adalah kelompok konstitusional dan ingin menggunakan metode politik yang sah melawan Shah. Gerakan ini terdiri Bazargan dan Taleqani. Mujahidin Rakyat Iran adalah organisasi kuasi-Marxis bersenjata yang menentang pengaruh para ulama dan kemudian melawan pemerintahan Islam. Individu penulis dan pembicara seperti Ali Shariati dan Morteza Morahhari melakukan pekerjaan penting di luar dari partai-partai dan kelompok.

Kelompok-kelompok Islam yang akhirnya menang adalah pengikut setia Ayatullah Khomeini. Mereka termasuk beberapa kelompok Islam bersenjata yang kecil bergabung bersama setelah revolusi dalam Organisasi Mujahidin Revolusi Islam. Koalisi Masyarakat Islam didirikan oleh bazar agama (pedagang tradisional). Para Pejuang Rohaniwan Morteza Muthahhari terdiri Asosiasi, Ayatollah Mohammad Beheshti, Mohammad Javad Bahonar-, Akbar Hashemi Rafsanjani dan Mofatteh yang kemudian menjadi gubernur utama Republik Islam. Mereka menggunakan pendekatan budaya untuk melawan Shah.

Karena represi internal, kelompok oposisi di luar negeri, seperti Konfederasi mahasiswa Iran, cabang asing Gerakan Kebebasan Iran dan asosiasi mahasiswa Islam, yang penting untuk revolusi.

No comments:

Post a Comment