Sekedar Gempa Bumi

Jika kemarin cuman sekedar bom, maka kali ini cuman sekedar gempa bumi yang terjadi, apa lagi baru sekedar ancaman tsunami, kita ini manusia kecil tak lebih dari debu diantara sekian banyak bintang di langit dan bebatuannya. kita tidak lebih besar dan tidak lebih kuat dari pada air , kita tak lebih besar dan lebih kuat daripada gunung. kapan kita mau sadar kalau kita ini umat yang salah.............? 


Manusia punya tiga tugas peranan pokok, yakni menjaga hubungan dengan Manusia, Alam dan Allah Sang Pencipta. Bedakan antara Hablum Minallah = hubungan manusia dengan Allah , Hablum Minan Naas dan Halum Min Alam.

Hablum Minallah adalah hubungan setiap pribadi manusia dengan Sang Pencipta, kita tidak ada urusan dengan siapapun mengenai hal ini , masing - masing orang boleh menentukan jalan yang dipilih. Hablum Minan Naas lebih kepada hubungan manusia dengan manusia lain dalam satu kelompok , Rt, Rw, Desa, Sekolah , dan atau Organisasi. 

Hablum Min Alam ini tanggung jawab semua Manusia ini tujuan pokok kita diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata'ala sebagai Khalifah dimuka Bumi. kita diberikan amanat untuk menjaga keseimbangan alam , sebagaimana Allah Subhanahu Wata'ala telah menjadikan apa yang ada di langit dan dibumi ini dengan seimbang. "Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah." (QS Al Mulk : 3 - 4)

Ke seimbangan alam dan kehidupan manusia, semua harus seimbang, jika tidak maka peringatan demi peringatan akan terus ditimpakan kepada manusia, sampai manusia sadar dan kembali kepada kebenaran.


"Kami bagi-bagi mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan; di antaranya ada orang-orang yang saleh dan di antaranya ada yang tidak demikian. Dan Kami coba mereka dengan nikmat yang baik-baik dan bencana yang buruk-buruk, agar mereka kembali kepada kebenaran".

Sebagian kita telah terlena dengan Hablum Minallah atau sedang dalam pencariannya, sebagian lagi sedang terlena dengan kehidupan dunianya. sampai kapan kita terjebak dalam kehidupan seperti ini....?

Lihatlah peringatan demi peringatan itu terus ditimpakan kepada umat manusia ini, ada sesuatu yang kita lupa untuk menjalankan, ada 2 tugas utama yang kita lupa untuk mengerjakan yakni menjaga keseimbangan alam, menjaga lingkungan dari kerusakan dan menjaga keseimbangan kehidupan manusia.

"Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar". Ar Ruum : 41

Terlalu banyak kesalahan umat ini, Kembalilah saudara ku ....... kembalilah kepada ajaran Tuhan mu, ayo bersama kita tata kembali, kehidupan ini , kita satukan kembali umat manusia. jangan ada ketidakadilan , jangan ada kedengkian , jangan ada hasud, kembalilah kepada asal kita.

Wallahu A'lam.

Masih Sekedar BOM

No comments:

Post a Comment