Tentara Mahdi Atau Milisi Mahdi

Tentara Mahdi, juga dikenal sebagai Milisi Mahdi atau Jaish al-Mahdi (جيش المهدي), merupakan kekuatan paramiliter Irak yang diciptakan oleh ulama Syiah Irak Muqtada al-Sadr pada Juni 2003. Kelompok ini naik menjadi terkenal di dunia internasional pada tanggal 18 April 2004 ketika ia memimpin konfrontasi bersenjata pertama besar-besaran terhadap pasukan pimpinan AS di Irak dari komunitas Syiah di suatu pemberontakan yang diikuti pelarangan surat kabar al-Sadr dan upaya penangkapan, dan berlangsung hingga gencatan senjata pada tanggal 6 Juni.

Gencatan senjata ini diikuti oleh bergerak untuk membubarkan kelompok dan mengubah gerakan al-Sadr menjadi sebuah partai politik untuk ambil bagian dalam pemilu 2005; Muqtada al-Sadr memerintahkan pejuang tentara Mahdi untuk gencatan senjata kecuali diserang terlebih dahulu. Gencatan senjata itu rusak pada bulan Agustus 2004 setelah tindakan provokatif oleh Tentara Mahdi, dengan meletusnya permusuhan baru.

Popularitas Tentara Mahdi telah cukup kuat untuk mempengaruhi pemerintah lokal, polisi, dan kerja sama dengan pengikut Sunni di Irak dan para pendukung mereka. Kelompok ini diyakini baru saja populer di kalangan pasukan polisi Irak. Kader Independen Nasional dan partai elit yang mengalir dalam pemilu Irak 2005 terkait erat dengan militer.

Kelompok ini dipersenjatai dengan berbagai senjata ringan, termasuk perangkat peledak. Banyak dari bom yang digunakan selama serangan terhadap Pasukan Keamanan Irak dan Pasukan Koalisi telah menggunakan sensor infra merah sebagai pemicu, suatu teknik yang digunakan secara luas oleh IRA di Irlandia Utara pada awal hingga pertengahan 1990-an.

Nama Jaysh al-Mahdi memiliki konotasi apokaliptik, di Shi-ite teologi, Mah'dī adalah imam akhir zaman tokoh yang konon akan membantu Kristus di dalam menghancurkan Dajjal dan mendirikan Khilafah Islam global dalam persiapan untuk hari kiamat (hari penghakiman); dalam hal yang lebih umum, diyakini bahwa Mahdi akan datang untuk membantu Mesias (yaitu, Yesus, yang disebut dalam Islam sebagai `Isa bin Mariyam" Yesus anak Maria ",) untuk mengalahkan Antikristus (al-Masih al-Dajjal berarti "Mesias Menipu"), sebelum membangun tatanan Islam sosial yang adil dalam persiapan untuk Hari Penghakiman.

Di sekolah Syiah Imamiyah Islam, Mahdi diyakini telah menjadi tokoh sejarah diidentifikasi dengan Imam Keduabelas, Muhammad al-Mahdi, dan karena itu disebut al-Imam al-Mahdi. Hal ini diyakini bahwa ia masih ada di bumi "dalam kegaiban" ( tersembunyi), dan akan muncul lagi di akhir zaman. Tidak sedikit dari mereka umat islam percaya bahwa Imam Mahdi adalah penguasa sah dari seluruh masyarakat Islam (ummah) pada waktu tertentu, dan karena itu dia juga disebut Imam al-Zaman, yang berarti " Imam Zaman / Waktu".

Wallahu A'lam

No comments:

Post a Comment